Banyuadem, 8 September 2019
Posbindu (Pos pembinaan terpadu) merupakan pusat kegiatan masyarakat dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga.
Seperti halnya Posbindu yang ada di Desa Banyuadem. Kader pelaksana kegiatan adalah masyarakat setempat yang sudah dilatih menjadi kader kesehatan dibawah bimbingan Puskesmas dan Bidan Desa.Sedangkan pengelola Posbindu adalah pengurus yang dibentuk oleh Pemerintah Desa yang berasal dari kader PKK, Tokoh masyarakat formal dan informal serta kader kesehatan yang ada di Desa Banyuadem.


Adapun tujuan diadakannya Posbindu adalah untuk memeriksa kesehatan warga, terutama lansia maupun pralansia secara rutin yang ada di Desa Banyuadem. Jadwal pelaksanaan Posbindu di Desa Banyuadem dilaksanakan setiap bulan sekali dengan cara bergilir disetiap Dusun atau Posyandu.


Saat pelaksanaan Posbindu pada hari Sabtu tanggal 7 September 2019 di Dusun Cungkup bertempat di Posyandu Kenanga yang jadwalnya dibarengkan dengan posyandu balita, salah satu pengunjung Posbindu menuturkan “Dengan adanya kegiatan pemeriksaan diposbindu seperti ini, sangat membantu dan mempermudah warga untuk rutin periksa  kesehatan,” ungkap nya disela-sela berlangsungnya kegiatan Posbindu.
Dari keterangan petugas pemeriksa kesehatan, rata – rata para pasien yang periksa di Posbindu memiliki penyakit hipertensi , penyakit kadar gula darah yang tinggi, kolesterol, dan asam urat.
 Warga dihimbau agar rajin datang ke Posbindu untuk memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin serta melaksanakan pola hidup yang CERDIK.