Banyuadem, 24 September 2019

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan untuk anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut nanti, PAUD diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. Sedangkan penyelenggaraan PAUD dapat dilakukan melalui jalur pendidikan formal maupun nonformal.

Sementara itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan PAUD tersebut, Pemerinatah Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang kini telah mengalokasikan dana Desa untuk pembangunan gedung PAUD yang baru. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Desa Banyuadem Anjar Wiyanto ketika ditemui di Kantornya. Dalam keterangannya menyampaikan bahwa "tahun ini Desa Banyuadem telah mengalokasikan anggaran Dana Desa 100 juta yang bersumber dari APBD Kabupaten Magelang tahun anggaran 2019 untuk pembangunan gedung PAUD yang baru dengan ukuran 7mx9m, kini proses pembangunan sudah dimulai dan sudah mencapai 50 persen, tinggal memasang atap".

Bangunan gedung PAUD tersebut didirikan diatas tanah bengkok Kaur Umum denga luas lahan 1500 m2 yang terletak di Dusun Gambrengan Desa Banyuadem.

Selama ini kegiatan belajar PAUD Ceria Banyuadem masih meminjam ruangan Rumah Dinas Guru SD Banyuadem yang Hanya berukuran 4x5m". Kondisi tersebut tidak sesuai dengan jumlah Anak usia sekolah Paud yang ada di Desa Banyuadem, sehingga megakibatkan para orang tua wali lebih memilih menyekolahkan anaknya ke PAUD luar desa Banyuadem dengan alasan ruangan belum mampu menampung serta fasilitas sarana prasarana belajar mengajar yang dimiliki belum memadahi.

Dengan dibangunnya gedung PAUD yang baru tersebut, maka diharapkan nanti masyarakat Desa Banyuadem yang memiliki anak usia dini mau menyekolahkan anaknya ke PAUD Ceria Yang ada di Desa Banyuadem, Sehingga tidak perlu jauh-jauh keluar Desa Banyuadem.