Banyuadem 20 Desember 2019

Pemerintah Desa merupakan organisasi pemerintahan yang paling bawah  tingkatannya, dengan demikian Pemerintah Desa menjadi ujung tombak pelayanan yang langsung berhadapan dengn masyarakat. Oleh karena itu kapasitas aparatur pemerintah Desa memegang peranan yang sangat penting sehingga kemampuannya perlu ditingkatkan. Dengan kompleksitas permasalahan yang dihadapinya, Aparatur Desa dituntut untuk memiliki kemampuan SDM yang lebih baik dan tanggung jawab terhadap masyarakat desa.

Unuk mewujudkan hal tersebut kini Pemerintah Desa Banyuadem telah menerima kunjungan Tim Pengabdian pada masyarakat dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Widya Mataram Yogyakarta yang kegiatannya dilaksanakan pada hari Selasa 17 Desember 2019 bertempat di lantai 2 aula Kantor Desa Banyuadem, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah.

Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut adalah untuk memberikan pelatihan administrasi pemerintahan Desa dan tata kelola penyelenggaraan  pelayanan publik yang baik serta pentingnya  keterbukaan informasi pelayanan publik. Diharapkan melalui kegiatan ini nantinya bisa meningkatkan tata kelola Pemerintah desa yang akuntabel dan transparan serta melahirkan kader-kader desa yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang lebih baik.

Kegiatan diawali dengan penandatangan kesepakatan kerjasama antara Universitas Widya Mataram Yogyakarta yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Suwarjo SIP.,MSI dengan Pemerintah Desa Banyuadem serta penyerahan cenderamata yang diwakili oleh Kaprodi Fisipol Widyamataram Dra. Syakdiyah, MSI. Sementara dari pihak Pemerintah Desa Banyadem diwakili oleh Sekdes Anjar Wiyanto. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi, pemaparan materi pertama disampaikan oleh Dosen SL Harjanta SIP.,MSI dengan tema "Keterbukaan informasi publik dan penguatan Good Governance di Pemerintah Desa". Selanjutnya pemaparan materi berikutnya disampaikan oleh Dosen Dr. Oktiva Anggraini,S.IP, M.SI, dengan tema "Perempuan Mbangun Deso" yang sasaran utamanya adalah para Ibu-ibu kader PKK Desa Banyuadem. Setelah selesai pemaparan materi, acara dilanjudkan sesi tanya jawab.

Sementara itu program pengabdian pada masyarakat tersebut mendapat tanggapan dan respon antusias oleh Perangkat Desa dan Lembaga PKK  yang merupakan peserta pelatihan, diharapkan dengan adanya pelatihan ini bisa menambah pengetahuan serta meningkkatkan kualitas  kinerja Perangkat Desa Banyuadem dan kader PKK. Dengan demikian sehingga penyelenggaraan pelayanan publik di Pemerintahan Desa Banyuadem harapannya akan semakin baik.

(Satria)