Banyuadem,24 Maret 2020

Upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Desa Banyuadem terus dilanjutkan secara mandiri oleh pemdes Banyuadem, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Hal ini terlihat pada kegiatan penyemprotan menggunakan disinfektan yang dilaksanakan oleh perangkat Desa Banyuadem pada hari Senin 23 Maret 2020 sebagai tindak lanjut kegiatan yang sudah dilaksanakan hari jumat sebelumnya. Selain menyasar pada tempat-tempat ibadah, gedung sekolah dan fasilitas umum lainnya, kini penyemprotan juga diberlakukan untuk kendaraan yang melintas didepan Kantor Desa Banyuadem. 

Menanggapi kegiatan penyemprotan tersebut salah satu pengemudi yang kendaraanya dihentikan dan disemprot, ketika ditanya apakah merasa terganggu atau tidak, dia mengatakan tidak merasa terganggu justru merasa senang dan mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh pemdes Banyuadem demi keamanan dan kesehatan bersama, tuturnya.

Selain melakukan tindakan penyemprotan, Pemerintah Desa Banyuadem melalui surat selebaran yang ditanda tangani oleh Kepala Desa  juga melakukan himbauan terhadap warga Desa Banyuadem untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah masing-masing, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta untuk sementara tidak melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak seperti kegiatan keagamaan, acara pribadi yang mengumpulkan orang banyak, selain itu  warga juga dihimbau untuk tidak mudah percaya terhadap berita-berita maupun informasi yang menyesatkan yang tidak jelas sumbernya tentang wabah Covid-19, serta tidak ikut menyebarkan berita bohong kepada orang lain agar tidak semakin menjadikan keresahan ditengah-tengah masyarakat. Warga diminta untuk tetap melaksanakan himbauan dan mentaati  anjuran  dari pemerintah demi kesehatan dan keselamatan bersama.