Magelang, 28 Agustus 2020


Setelah sekian lama warga menungggu bansos dari pemerintah, akhirnya Hari ini Jumat 28 Agustus 2020 Warga Desa Banyuadem, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menerma  bansos dari pemerintah. Bansos yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  Kabupaten Magelang tahun 2020.


Penyaluran bantuan dilaksanakan di Kantor Desa Banyuadem oleh petugas Bank Bapas Srumbung  dibantu oleh Perangkat Desa dan Babinsa. Pemberian bantuan dimulai pada pukul 9.00 wib dan dijadwalkan hingga pukul 14, berhubung hari Jumat maka jam 11.00 istirahat dan dillayani lagi pukul 13.00.

Warga nampak antusias, merasa lega dan senang mendapat bantuan tersebut, hal ini terlihat sejak sebelum jadwal yang tertulis pada undangan, warga sudah nampak memenuhi halaman kantor desa Banyuadem untuk mengambil nomer antrian. Selain dihimbau untuk mengambil nomer dan mengantri sesuai nomer urut, warga yang hadir juga diwajibkan mengikuti prosedur protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19 dengan memakai masker dan menggunakan handsanitizer yang sudah disediakan oleh pemerintah desa.

Perasaan  rasa syukur dan senang diungkapkan oleh seorang warga penerima bantuan, seperti penuturan  Suparmi salah satu warga penerima manfaat bansos JPS ketika ditanya dilokasi penyaluran bantuan , ia menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih telah mendapatkan bantuan sebanyak 400 ribu, ketika ditanya bagai mana perasaan setelah mendapatkan bantuan dan akan dipergunakan untuk keperluan apa uang etrsebut, Ia menuturkan, "saya merasa senang dan berterima kasih telah mendapatkan bantuan uang tunai sebesar 400 ribu rupiah, uang ini akan saya pergunakan untuk belanja kebutuhan sehari-hari keluarga", pungkasnya.


Desa Banyuadem telah menyalurkan bansos JPS untuk 236 warga terdampak covid-19 yang terdaftar dalam daftar KPM bansos JPS. Warga yang mendapatkan bantuan tersebut adalah mereka yang belum pernah mendapatkan program bantuan dari pemerintah seperti bantuan PKH, BST, BPNT, maupun BLT atau bansos lainnya dari pemerintah. Penyaluran bantuan kali ini diberikan 2 tahap sekaligus, dan masing-masing keluarga menerima uang tunai sebesar Rp 400.000 Rupiah per KPM. Diharapkan dengan diberikannya bantuan uang tersebut, agar bisa bermanfaat bagi warga untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari dan bisa meningkatkan daya beli masyarakat selama pandemi covid-19.


Proses pelaksanaan penyaluran bansos di Desa Banyuadem berjalan dengan aman tertib serta lancar, pengambilan bantuan ditutup pada pukul 14.00wib. Untuk selanjutnya bagi warga yang belum terlayani pengambilan bansos di kantor Desa Banyuadem bisa mengambil dikantor  Bapas Srumbung dengan menggunakan syarat foto copy KK da KTP atas nama penerima pada jam kerja. (Satria)