Srumbung, 15 Mei 2021

Pemerintah terus berupaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals

Ada beberapa manfaat yang didapat oleh negara apa bila pelaksanaan pndataan dan pengimplementasian SDGs bisa berjalan dengan baik. Seperti telah dikutip di laman http://sdgs.bappenas.go.id, tujuan Pembangunan Berkelanjutan

SDGs sebagai komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat yang setidaknya mencakup 17 tujuan yang diantaranya (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Pelaksanaan program pendataan SDGs di Desa Banyuadem, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang telah dimulai sejak awal bulan Mei 2021. Pendataan tersebut diawali dengan pemberian pembekalan dan bimbingan teknis kepada para petugas pendata agar dalam pelaksanaan pendataan nantinya bisa berjalan dengan baik dan tidak menemui kendala di lapangan.  Setidaknya ada 24 petugas pendata di Desa Banyuadem, dan 5 petugas emurator untuk  input data di aplikasi SDGs. Program pendataan ini ditarget sampai dengan tanggal 31 Mei 2021 harus sudah selesai serratus persen. Oleh sebab itu untuk mendukung kelancaran pendataan tersebut masyarakat diminta untuk ikut mendukung dengan cara memberikan informasi data kepada petugas pendata secara terbuka dan se jujur-jujurnya.