Banyuadem, Juni 2021

Sebanyak 150 warga lanjut usia  atau lansia di Desa Banyuadem, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang telah  mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang diselenggarakan oleh Puskesmas Srumbung. Kegiatan Vaksinasi tersebut dilaksanakan di rumah Kepala Desa Banyuadem di Dusun Banyuadem pada Hari Senin 31 Mei 2021.


Kepala Desa Banyuadem Supriyadi mengatakan “Vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia di Desa Banyuadem mendapat prioritas utama karena lansia dinilai rentan terkena  penularan Covid-19. Vaksinasi untuk para lansia dilakukan agar mereka memiliki imun yang kuat sehingga terhindar dari penularan virus Covid-19, katanya.
Vaksinasi terhadap warga lanjut usia di Desa Banyuadem terbagi menjdi dua gelombang, pada gelombang pertama ini Pemerintah Desa Banyuadem telah mengundang sebanyak 160 warga lansia.


Menurut keterangan dari Bidan Desa yang juga sebagai petugas vaksinasi , Ernawati mengatakan dari sejumlah 160 warga lansia yang terundang, ada 150 lansia yang sudah tervaksinasi, sementara ada delapan lansia yang tidak bisa tervaksinasi karena pertimbangan medis, sedangkan dua lansia lainya tidak hadir.
Dari sejumlah lansia yang sudah mengikuti vaksinasi tersebut menunjukkan bahwa antusias warga lanjut usia di Desa Banyuadem sangat tinggi dalam mensukseskan program Vaksinasi lansia yang diselenggarakan oleh Pemerintah, kata  petugas vakainasi dari Puskesmas Srumbung.


Sementara itu untuk pelaksanaan vaksinasi dosis kedua akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni, untuk itu para warga lanjut usia yang telah divaksin dosis pertama supaya mengikuti vaksinasi dosis kedua sesuai jadwal yang sudah ditentukan tersebut.
Sedangkan pelaksanaan Vaksinasi gelombang kedua terhadap warga lanjut usia lainnya yang belum tervaksinasi, waktunya masih menunggu jadwal dari Puskesmas Srumbung, karena di Desa Banyuadem masih terdapat 180 warga lanjut usia yang belum terundang untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

(Satria)