Merencanakan program desa selama satu tahun merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh setiap desa. Dalam merumuskan kebijakan dan kegiatan yang akan dilakukan selama setahun kedepan perlu dipikirkan matang-matang oleh banyak pihak. Hari ini Rabu, 1 Agustus 2018 jam 9:30, Kecamatan Srumbung menjadwalkan Desa Banyuadem untuk melaksanakan Musrenbangdes di Balai Desa Banyuadem. Musrenbangdes adalah Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa, Sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat Desa Mendapatkan akses dana langsung melalui Dana Desa yang nominalnya cukup Besar. Yang dalam penggunaannya untuk keperluan pembangunan desa itu sendiri. Hadir dalam Musrenbangdes kali ini Camat Srumbung dalam hal ini diwakili oleh Priyo Cahyono selaku Sekretaris Kecamatan Srumbung, Pendamping Desa, Kepala Puskesmas Srumbung dalam hal ini diwakili oleh Ernawati, Kepala Desa Banyuadem Wahyu Widiantara, beserta segenap perangkat desa, Perwakilan Diskominfo, KIM Banyuadem, BPD, LPMD, PKK, Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat Banyuadem. Setelah sehari sebelumnya melaksanakan PRA Musrenbangdes, banyak sekali usulan warga meliputi usulan di infrastruktur desa, perkembangan sekolah, perkembangan kesenian, ekonomi desa, bumdes, perpustakaan, pembangunan fisik,dll.

 















Foto. Sekretaris Kecamatan Priyo Cahyono Memberikan Sambutan di Musrenbangdes 2018

 

Hari ini Pemerintah Desa melakukan kajian dari usulan masyarakat terkait prioritas dan besaran dana yang akan digunakan di anggaran tahun 2019 ini. Nantinya usulan yang perlu diprioritaskan akan dibawa di MUSREN Kecamatan.

Acara Musrenbangdes di Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung ini diawali dengan Lafal Basmalah sebagai Pembukaan kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Desa Banyuadem Wahyu Widiantara. Dalam sambutannya Kepala Desa memaparkan tentang pengertian dan pentingnya pelaksanaan Musrenbangdes, karena hal tersebut sangat berperan penting dalam pelaksanaan program pembangunan desa di tahun 2019 yang akan datang. Peran para kelembagaan Desa dan warga masyarakat dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan di Desa juga sangat diperlukan, sehingga diharapkan dapat menentukan prioritas pembangunan di tahun 2019 yang akan datang.