Banyuadem, 22 Mei 2020

 Setelah dilakukan validasi data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), Hari ini jumat 22 Mei 2020 Pemerintah Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang melaksanankan penyaluran bantuan.  Pembagian bantuan tersebut dilakukan di Kantor Desa Banyauadem. Sejumlah 25 KK warga Desa Banyuadem telah menerima bantuan  sebesar Rp 600 000 rupiah, rencananya dana tersebut akan diberikan setiap bulan selama tiga bulan kedepan. Dana yang bersumber dari dana desa (DD) yang dianggarkan melalui APBDesa 2020 perubahan yang dilakukan sesuai ketentuan. Penyaluran BLT  diserahkan secara langsung oleh Kaur Keuangan yang sekaligus merupakan bendahara desa Desa Banyuadem Slamet Suroso, dan dibantu oleh seluruh Perangkat Desa Banyuadem.


Adapun proses penyaluran bantuan tersebut tetap memperhatikan prosedur protokoler tentang tatacara pencegahan penularan Covid-19, warga penerima tetap diwajibkan mengenakan masker, dan  dilakukan secara bergilir waktunya yang dimulai pukul 13 hingga selesai. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya antrian ditempat penyaluran bantuan tersebut. Penyaluran BLT dipimpin langsung oleh Sekretaris Desa Banyuadem Anjar Wiyanto, serta didampingi oleh petugas pendamping desa untuk Desa Banyuadem.

Salah satu warga penerima BLT ketika dimintai pendapatnya perihal adanya bantuan tersebut, ia  menyampaikan ucapan sangat berterima kasih dan merasa sangat terbantu karena selama masa pandemi corona ini mewabah tempat ia bekerja tidak beroprasi lagi, sehingga mengakibatkan tidak memiliki penghasilan. Warga Desa Banyuadem yang menerima BLT berjumlah 25 KK, yang merupakan waraga miskin dan terdampak corona non penerima PKH maupun BPNT, namun sudah terdaftar di DTKS. Sebagian warga yang lain yang tidak mampu ada yang sudah mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai

Dengan adanya bantuan dari pemerintah tersebut diharapkan bisa meringankan beban kebutuhan hidup masyarakat akibat wabah Covid-19. Dan masyarakat dihimbau tetap menjaga kesehatan dan kebersihan serta melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat agar pandemi corona ini segera berakhir.