Banyuadem, 1 Mei 2021


    Acara prosesi pelantikan Sekretaris Desa yang baru Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah  dilaksanakan pada hari Jumat 30 maret 20201 dan bertepatan dengan tanggal 18 Romadhon 1442 H berlangsung lancar dan dilaksanakan secara sederhana. Hal tersebut menyusul karena telah kosongnya jabatan Sekdes Banyuadem selama 6 bulan terhitung sejak tanggal 4 oktobr 2020. Seperti telah diberitakan sebelumnya bahwa sdr Anjar Wiyanto selaku Sekdes Banyuadem telah berpindah bertugas di kantor Camat Srumbung sesuai dengan Sk Bupati Magelang, selama kekosongan jabatan tersebut Tugas seksdes dilaksanakan oleh Plt Sekdes.  Untuk menunjang kelancaran pelayanan administrasi di Kantor Pemerintah Desa Banyuadem, Kepala Desa Banyuadem Supriyadi telah melantik Fachrurozi Irfan yang sebelunya menjabat Kasi Pemerintahan dan Plt  Sekdes Banyuadem selama 6 bulan untuk menjadi  Sekdes Banyuadem. Pengisian Jabatan dilaksakan melalui proses uji kompetensi yang di ikuti oleh dua orang peserta.

    Rangkaian acara pelantikan Sekdes dimulai pada pukul 16.30 wib  bertempat di aula lantai dua kantor Desa banyuadem. Acara prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan do’a oleh ulama’ setempat dan dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan oleh Kepala Desa banyuadem yang disaksikan oleh tokoh masyarakat Desa Banyuadem dan ulama’.

    Sekretaris Desa atau yang sering disingkat dengan Sekdes merupakan Jabatan Sekretaris pada lingkup Pemerintah Desa. Sekretaris Desa sebagai unsur staf Pemerintah Desa yang berada dibawah dan tanggungjawab kepada Kepala Desa. Sekretaris Desa  mempunyai tugas membantu tugas Kepala Desa dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tatalaksana serta memberikan pelayanan administratif kepada seluruh perangkat desa dan masyarakat Desa setempat. Dalam bertugas Sekretaris Desa bekerja sama dengan Kaur Keuangan dan Bendahara Desa. Sekretaris Desa mempunyai jabatan tertinggi dibagian Sekretariat Desa membawahi Kaur Keuangan, Kaur TU & Umum dan Bendahara Desa, serta Kaur Perencanaan.Hadir pula dalam acara tersebut Camat Srumbung Khoirul Anwar, S.STP.,M.Si, Kasi Tapem,   Polsek Srumbung, Babinsa Koramil 16 Srumbung, serta tamu undangan yang berjumlah sekitar 30 orang yang terdiri dari unsur BPD, Lembaga Desa lainnya, seluruh Perangkat Desa banyuadem, serta Tokoh masyarakat Desa Banyuadem , dengan selalu tetap mengikuti prosedur protokol Kesehatan.

    Dalam kesempatan smbutanya Camat Srumbung mengucapkan selamat atas dilantiknya sdr Fathcurozi Irfan sebagai Sekdes baru untuk Desa Banyuadem yang sebelumnya telah menjabat Kasi Pemerintahan dan merangkap sebagai Plt sekdes. Camat Srumbung dalam sambutannya juga berpesan kepada Sekdes terlantik bahwa dalam menjalankan tugasnya seorang Sekdes harus sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya serta se adil-adilnya  sesuai dengan sumpah jabatan yang diucapkanya, karena jabatan Sekdes merupakan puncak jabatan karir tertinggi di lingkup Pemerintah Desa dan merupakan kunci penyelenggaraan Pemerintahan Desa, maka seorang Sekdes harus bisa menjadi panutan dan teladan bagi Perangkat Desa lainnya, pungkasnya.

    Acara diakhiri tepat dengan berkumandangnya azan maghrib dan dilanjutkan dengan berbuka puasa Bersama.


    (Satria)